Friday, June 02, 2006

Libur (rada) Panjang di Mei 06

Lumayan..

Intinya adalah kami bisa menghabiskan waktu bersama si tole, yang sekarang sudah lancar jalannya dan semakin susah dilarang supaya tidak ke daerah terlarang atau melakukan hal-hal yang aneh. Kadang kalau dia penasaran ya aku diemin aja. Jatuh, kepleset, oleng, nubruk, benjol, nangis ah udah jadi hal biasa. Hehehe..
Seperti yang satu ini, diambil waktu nginap di rumah Eyang di Lebak Bulus..
Penasaran banget sama pot gede yang isinya air. Pertama sih karena liat kakak Dimas & Ivan lempar batu ke arah situ dan bunyi 'plung', akhirnya dia tertarik untuk menghampiri... eng ing eng.. oh, isinya air.. asyiik. Mulai celupin jari, lalu tangannya masuk ubek2 pot air itu. Terakhir.. udahlah, picture speaks much than word..

Kami ke Lembah Karmel.. YUPPI!!

Ibu mertua pingin banget ke sana, untuk jalan, doa sekaligus Misa Kenaikan Yesus Kristus hari Kamis, 25 Mei. Terakhir ke sana cuma berdua mas Benny waktu aku hamil 37 minggu, mau mohon kekuatan sekaligus berserah diri supaya lebih tenang hadapi persalinan. Kalau sekarang, formasi lengkap. Ortuku, mertua, Rama dan kakak Dimas. Seruu.. karena udara sejuk, gag mendung atau panas dan ke sana kan lewatin Kota Bunga yang bikin seger mata itu loohh.. Waktu sampai di sana, si tole malah tidur dengan nyenyaknya, ya udah deh ditaruh di stoller. Namun.. begitu misa mulai eh malah dia bangun, waduuh ya sudah akhirnya main lari2an sama kakak Dimas aja deh..
Kami juga mau mendoakan saudara yang lagi sakit. Om Bar di Samarinda & Om Pur di Madiun, dua2nya memang lagi sakit parah. Semoga cepat sembuh..

Photobucket - Video and Image Hosting Foto yang dipajang adalah di depan Gua Maria. Bagus deh. Lembah Karmel itu luas banget, tepatnya berapa hektar aku kurang tahu dan berbukit-bukit. Ada satu Gereja besar yaitu St. Theresia dan satu Kapel. Untuk misa penyembuhan setiap minggu ke 2 dan 4, dipakai Gereja yang bisa menampung ribuan umat. Tapi berhubung misa Kenaikan ini skala kecil, diadakan di Kapel saja yang letaknya bersebelahan dengan Gua Maria tersebut. Ada penginapan juga loh, tapi khusus untuk yang akan retreat.

Pulang dari Lembah Karmel, kita langsung straight-forward ke Bogor, ke future home nya mertua. Tadinya mau nginap di daerah Puncak, tapi untuk berhemat ya kita ke Bogor aja lah. Banyak yang bisa dilakukan di sana.. dan seru juga.

Rama terkaget-kaget liat soang (angsa), apalagi dengar suaranya yang bikin dia bingung. Kayak anak kecil nangis. Tapi kalau soang2 itu (ada 4 biji) lewat.. wuiih dia langsung lari ... ngedeketin di pinggiran teras sambil nunjuk2.
Di Bogor ada empang yang cukup besar, letaknya di samping teras. Nah hari Jumat siang, Dimas main dengan anak2 yang nunggu rumah di pinggir empang, eee.. Rama heboh pingin ikutan juga. Teriak2 terus gag berhenti, penasaran mungkin ya. Karena semua takut kalau dia kecebur, dicuekin aja deh. Tapi aku pikir kenapa menghalangi rasa ingin tahunya ya? Akhirnya aku ganti kostum trus bawa Rama ke pinggir kolam dekat air pancurannya. Aku dudukin deh di situ.. waaa, dia langsung senang, kecipak kecipuk kegirangan. Baju sampai basah semua. Biarlah toh bisa ganti nanti, yang penting dia happy.

Pulang dari Bogor hari Sabtu pagi lewat tol Ciawi aja.. mampir dulu untuk makan siang di Sate Kiloan Sentul *namanya lupa*. Setelah itu nganter ortuku ke Lebak Bulus trus langsung bablas Ciputat. Masih ada hari Minggu untuk istirahat.

Kenapa ya weekend rasanya cepat banget tapi kalau jalanin hari kerja tuh waktu rasanya lelet. Fyyuh..

Rama nanti 15 bulan tepatnya 9 Mei, waktunya untuk suntik MMR. Dari milis Sehat, aku dapet ilmu tambahan kalau MMR tuh tidak ada hubungannya sama autisme. Tapi mas Benny keukeh ngga mau Rama disuntik MMR dulu sebelum bisa ngomong atau merangkai kata seperti yang disarankan DSA. Aku sih yakin sekali untuk suntik MMR tepat waktu, karena aku lebih takut kalau Rama kena salah satu dari penyakit itu (Measles, Mumps & Rubella).. cuma, jadi perang batin. Rama udah lancar jalan, tapi untuk kosa kata memang belum lancar, yang bisa dia lakukan hanya ucapkan "mammamm.." atau teriak sambil nunjuk kalau ingin sesuatu atau ngoceh dengan bahasa planetnya. Ketertarikan dengan lingkungan, amat sangat besar. Kalau orang lagi pada ngumpul, dia bukannya takut, malah di datengin itu gerombolan.. waduh. Pengetahuan akan benda atau mahluk hidup juga bagus, sekali dikasihtau ini mobil, ini mon-mon (boneka monyet), ini TV, ini Mama/Papa/Mbah/mba Ris, ini pus, ini bola, itu cicak dll langsung ngerti dan bisa menunjuk dengan tepat kalau ditanya, mana mon-mon? mana pus? mana cicak? Satu lagi, udah bisa ngajak orang loh.. misalnya dia ingin ditemani ke arah mana gitu, dia akan datengin trus ambil tangan kita dan ditarik ke arah tersebut. Heibaat..

Jadi.. gimana ya? Duh, masih bingung..


Photobucket - Video and Image Hosting

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

den, kalow menurut gw, sebaiknya rama di-mmr ajah, daripada kalow misalnya kena gondongan, ntar dia kesakitan malah kesian..

dan kalow menudur gw, keknya rama juga sehat ko.. dia toh gag ada gejala autisme kan.. kalow diajak ngobs juga dia pasti interaksi kan..

deeja alhamdulillah waktu setaon juga mmr, dan dia skarang mulei baweeeeeel.. gag bisa distop ngomongnya... :D

owiyah sampe lupaaaaah...
tengkyu yaaah buat ucapan slamatnya dan juga doanya... :D

8:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

MMR aja say, dennis juga gitu, Puji Tuhan semua baek.
Btw, kenapa semua balita tergila2 dgn aer ya??? :D

5:40 PM  
Blogger Lita said...

Terserah mama-papanya aja. Kesamaan visi tentu lebih menjamin kekompakan dan kesiapan menerima risiko *halah, orasi apaan ini*
Kalau emang ngga akan MMR sekarang, 3 tahun juga bisa. Aku pernah tanya ke dr. Hardiono. Tapi ya... tentu dengan resiko ada paparan MMR sebelum waktu imunisasi datang. Anything comes with risk. Met milih :)

9:03 PM  

Post a Comment

<< Home