Monday, May 08, 2006

Nama

Sejak di bangku SMA, 12 tahun y.l (Jesus.. am I that old?? Hahaha..) kegilaan banget sama produk luar yang emang keren, kayak novel Danielle Steel & Sidney Sheldon, trus nonton sitkom barat, yang the Nanny lah, Friends.. trus Save by the Bell, Growing Pains.. banyak deh. Nah, baru sadar di belahan barat tuh, biasanya nama orang terdiri dari 2 kata.. nama diri + nama keluarga seperti contoh Martin Lawrence (gag tau, kok suddenly mukanya si martin terbayang di otak..wakakaka), even kalau ada nama baptis, gag dicantumin, kadang malah ditaruh di tengah. It is very simple and very easy to pronounced. Jadi bisa ketahuan gitu, kalau si Martin anaknya Pak Lawrence. Beda sama kebiasaan orang Indonesia, jarang banged nama yang hanya 2 kata, dan itupun gag ada nama keluarganya, epss.. mungkin suku batak ya yang biasanya mencantumkan nama marga (bener gag sih?). Contohnya ya namaku sendiri, Denny Widya Ambarsari (panjang aja yee, belon ditambah nama baptis segala :D). Nah loh.. bingung kan untuk tahu siapa nama orang tua ku? Masa anaknya Pak Ambarsari?? Hehehe... gag lah..

Bapakku namanya Djoko Widojo, tapi entah kenapa gag ditaruh di namaku.. bingung kali ya, Denny Widya Ambarsari Widojo.. hehehe, apa gag nyaingin kreta api tuh. Kami, anak-anak Bapak ini emang gag ada yang pake nama keluarga. Menurut Bapak sih, kok kurang modern kalo nama ortu ditaruh di belakang nama anak. Dan saking panjangnya namaku, akhirnya aku singkat jadi Denny Ambarsari terutama untuk kartu nama & keperluan korespondensi kantor, kalo engga, dooghh ribet deh.

Aku perhatikan emang udah jarang banged ya nama orang tua dicantumkan di nama anak. Padahal nama semakin berkembang, dan banyak nyadur dari luar,.. udah bukan Slamet, Teguh, Rudi, Budi, Agus, Tuti, Rani dll lagi. Coba perhatikan deh, nama anak jaman sekarang.. Nadine, Carlo, Jeremy, Sonya, Jonathan, Ivan, Jessica, Tasya dll.

Tapi entah kenapa, kok aku masih suka nama Indonesia asli ya... okei lah, emang aneh sih jaman sekarang sambil gendong bayi trus ngomong "aduh, Slamet lutu banget sih.." hahaha, gag banged ya. Yang aku maksud Indonesia asli adalah yang masih mengandung unsur adat dan bermakna bagus.

Itulah akhirnya yang membuat aku membulatkan tekad *semangat 45 mode-on* seandainya Tuhan mengijinkan aku menikah dan punya anak, aku akan memberikan nama Indonesia dan mencantumkan nama ayahnya kepada anak-anakku. It sounds funky for me.. then.. akhirnya, terwujud juga keinginan itu.

Waktu menentukan nama untuk anakku, wuih tau sendiri kan ribetnya. Semua turut campur, entah si Eyang yang masih memegang teguh adat Jawa, ataupun si Mbah yang protes kok itu namanya, kurang keren dll...
Aku sendiri sudah bertekad, bahwa nama itu harus datang dari aku dan mas Benny sebagai orang tuanya, karena dia ada berkat kolaborasi kami. Jadi yaa.. maap deh, dicuekin dulu segala protes & keluhan.

RAMADITYO lahir dari pemikiran kami berdua yang mencintai adat Jawa. Mas Benny sebenarnya menginginkan nama yang lebih wayang, seperti Bimo (tokoh raksasa) atau Arjuna atau Abimanyu atau Wibisono.. emm dikasih nama Bimo, hehehe okei lah kalo anaknya jadi tinggi gede, lah kalo mungil gimana? kan aneh.. lalu Arjuna, bagus sih.. tapi itu loh, takutnya kalo istrinya nanti banyak atau malah jadi playboy.
Di kantor aku punya temen namanya Rama, orangnya lucu, baik, gemuk, cakep, putih.. dan dia punya kakak namanya Shinta. Memang dalam drama pewayangan Ramayana, Rama & Sinta adalah sepasang kekasih. Ini juga harapan kami berdua, punya anak sepasang. Lalu sepakatlah kami memberi nama Rama, kemudian menambahkan Aditya yang artinya matahari dalam bahasa Sansekerta. Digabung jadi satu menjadi Ramaditya... ah, kurang nJawa... ganti lagi, Ramadityo, artinya? laki-laki (gag mungkin Rama itu perempuan kan :)) yang semoga menjadi matahari, baik di keluarga atapun masyarakat (amieen..). Selesai deh.

Dan di belakang nama Ramadityo, seperti impianku, ditaruh nama Dhermawan dari ayahnya, menjadi Ramadityo Dhermawan. Akhirnya anakku punya identitas.. Rama anaknya Pak Dhermawan. Heheehe..

Aku sendiri? mulai menambahkan nama suamiku di beberapa hal, kecuali KTP, paspor & urusan bank tentunya, bukannya gag mau, ngurusnya itu loohh.. mumet. Tapi aku bangga kok mencantumkan nama suamiku.. gag tau deh, masih jaman atau enggak dan bukan juga karena gag suka nama pemberian ortu, cuma rasanya cool aja punya identitas baru, sebagai Denny Dhermawan...


Photobucket - Video and Image Hosting

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Bener mbak. Nama adalah do'a. Qee juga punya niatan gitu, kasih identitas pada anak ntar kalo dah punya. Omong-omong Indo ini paternal apa maternal ya??

2:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

Den, mending postinga begini kamu lempar, biar kayak cerfet, pasti banyak hal2 lucu pas mo ngasih nama anak plus artinya masing2...:)

4:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

iya, dulu waktu ditanyain temen-temen di indo, siapa nama anakmu? aku bilang khadeeja.. mereka banyak yang komen.. ya ampun, udah lama tinggal di aussie, kirain nama anaknya bakalan michelle kek.. sabrina kek... belinda kek.. wuehehe... :D

den, tengs banged yah buat ucapan ultah dan doanya tempo hari.. maap baru sempet nulis skarang brubung kita baru pulang liburan dan masih kena penyakit males.. :D

9:32 AM  
Blogger meyrinda said...

lam kenal! masalah nama, gara2 pengen kasi nama anak yang seperti mau ortunya, walhasil nama anakku puanjangggg....moga2 ga bakal disetrap suruh nulis nama d ntar kalo sekolah..hehehe

9:56 AM  
Anonymous Anonymous said...

Alo Denny, lam kenal ya... ma kasih dah mampir ke tempat gw :).

Waaah gw paling demen nih topik ini secara gw punya family name :) Cuma sayangnya suami ngga punya tp tetap aja gw keukehan makein nama akhir suami ke anak :P

btw Den, lo tinggal di Lebak bulus yaa..? deket dong kita.. gw di Cilandak, belakang RS. Fatmawati :)

3:34 PM  
Anonymous Anonymous said...

nama anakku Naila.. nama asing sih (arab), tapi krn suka dan artinya baik, aku pake juga. padahal sebenernya sama seperti Denny, aku lebih suka nama Indonesia asli.. kan banyak juga yang keren2. makanya nama tengahnya Anindya. trus krn ga ada nama keluarga, maksain pake nama suami di belakangnya :D

2:04 PM  

Post a Comment

<< Home