Friday, June 23, 2006

Menjelaskan bahwasana..

Banyak imel masuk di inbox perihal postingan terbaruku kemarin. Thanks ya udah kasih perhatian :D. Aku speechless dan terharu biru.
Kebanyakan sih pada tanya, kok Rama udah di sapih? atau memang sekarang lagi hamil? Mereka semua concern dan menyayangkan kok aku sudah menyapih Rama dengan begitu cepat, dia bahkan belum 2 taon.

Jadi begini looohh (kek artis aja pake press conference :))...

Seminggu sebelum usia Rama menginjak 14 bulan, dia sakit flu berat sampai demam. Begitu beratnya sampai susah nafas, bikin aku dan orang serumah panik. Saat itu, dia sama sekali susah untuk tidur, walaupun kepala sudah diganjal bantal, tapi sepertinya tetap susah untuk nafas. Aku udah coba home treatment seperti pedoman-ku itu baik dijemur pagi-pagi sampe emaknya keringatan atau kamar diuapkan pake air panas + transpulmin, teuteepp wae rewel gak puguh gitu deh, ditambah susaaahh banget makan dan minum ASI. Akhirnya aku menyerah.. berkunjunglah ke dokter. Thanks God, dokter anak-ku itu TOB.. bener2 RUD, dia gag resepkan obat sama sekali, hanya kasih vitamin saja, itupun kalo perlu baru tebus. Karena susah tidur, dokter menyarankan untuk inhalasi di fisioterapi. Heh? aku pikir inhalasi hanya untuk asma..

Mas Benny sarankan untuk coba karena toh tidak ada oral medicine nya. Hmm.. aku pikir, ya deh dicoba dulu. Ternyata... bimbing anak balita untuk inhalasi susah ya bo'...gilaaa.. nangis dan berontaakk terus. Duuhh.
Sekali inhalasi belum ada efeknya, dokter fisioterapi sarankan untuk treatment 2 hari lagi. Ealah.. belom ada 2 hari nih, malah subuh-subuh, terpaksa ke UGD karena semaleman suntuk rewel, nangis terus dan gag bisa tidur karena mampet hidungnya. Adduuhh... inhalasi akhirnya di UGD. Eeee.. malah di UGD bercanda-canda sama suster-suster penjaga.. lah piye toh Le??

Balik lagi ke dokter anak,.. bliau menyarankan untuk penyedotan hidung karena mungkin mukus *ingus maksudnya* menggumpal.. hmm, susah lagi nihh.. Ya udah dey.. demi bisa nafas, akhirnya bela2in denger jeritannya waktu hidungnya disedot dengan selang yang keciiill banget itu. Lah.. malah bener, di lubang hidung sebelah kiri, banyak mukus kental yang gag bisa cair.. duuhh, untung ada hasilnya. Hampir jebol juga bendungan air mataku.. rasanya sedih liat selang itu masuk hidungnya.

Selama sakit, bukannya aku juga kurang usaha sama Rama. Aku tawari nenen, dia nolak *sedih hiks*, mik ASI dari dot atau spuit cup, dia emoh, mik susu nutrilon nya juga gag mau. Yang dia masih mau hanya minum susu Ultra Plain langsung dari dus nya, itupun gag habis. Tapi syukurnya, juice buah masih okee.. makannya aja yang seret. Pusiiing..

Tiap malam mau tidur.. aku tawarin nenen, dia malah ketawa kikik-kikik dan kadang balik badan. Masa dipaksa? Diperlakukan seperti itu sama Rama, rasanya perih hatiku. Ya dia memang tidak bermaksud menyakiti perasaanku, tapi bener kata Inta, ada yang hilang semenjak anak kita gag nenen lagi. Setelah mulai membaik, Rama sudah mau minum susu, tapi malah balik pake dot. Setiap mau bobo, minum susu dulu pake dot trus kumur air putih, baru tidur sambil di elus-elus atau di pok-pok.

Dia memang sudah tambah dewasa.. tidak mau digendong lagi kalau mau tidur, sudah bisa jalan dan lari sendiri, bisa minta makan kalau lapar. Mulai mandiri .. masih butuh mama kah kamu, nak?

Memang aku hanya berhasil memberikan ASI eksklusif selama 3 bulan, berhubung Rama menolak ASI simpanan dalam freezer setelah aku masuk kerja lagi, untungnya masih mau nenen langsung. Aku masih ingat perjuanganku melawan macet untuk bisa pulang sebelum Rama tidur malam hanya untuk mendapatkan waktu intim kami berdua, menyusui Rama sambil ngelus-ngelus punggungnya. Kepuasan melihat dia menikmati ASI yang keluar sampai akhirnya terlelap.. duh, gag ada yang nandingin perasaan itu deh.

Jujur aku iri sama Astri, yang sekarang hamil namun tetap bisa menyusui putrinya. Hebat dikau !! Tapi di sisi lain mas Benny juga mengingatkan aku untuk bersyukur karena Rama lebih beruntung dari anak2 lain yang ibunya hanya memberikan ASI sebentar dan lagi aku tidak perlu menyapih Rama dengan cara-cara aneh yang mungkin malah menyakiti perasaan dia. Bersyukur karena dia berhenti atas keinginannya sendiri. Iyah.. bener juga.

So.. mungkin ini yang terbaik sesuai rencana Tuhan..


Photobucket - Video and Image Hosting

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

emang gak ada yang nandingin rasa nyaman waktu nyusuin anak, rasanya damaiiiii sekali!

5:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

Bukan membran kali, mbak. Tapi mukus (mucous).
Membran itu lapisan. Mukus itu lendir :)
Muah muah buat Rama.
Kapan yaaa.... Daud mau tidur sendiri :D

7:59 PM  
Blogger keluarga dhermawan said...

Mba Lita.. thanks ya buat koreksi-annya.. emang rada2 mirip ya membran & mukus.. *ngeles* Hahaha.

2:20 PM  
Blogger TomInta family said...

Den...pakabar, baru baca2 nih... baru tau kalo Rama udah "menyapihkan" dirinya sendiri :-)
Gak papa Den... take a bride side, gak usah susah2 nyiapin strategi dan mental buat nyapih :-) Semoga ASI yang 14 bulan itu, menjadi bekal yang bermanfaat buat Rama ya... Amiiinnn
Iya emang ada yang hilang dengan kita brenti nyusuin ya?.... gimana klu punya anak kedua aja Den? ntar nyusuih lagi hehehehe

3:28 PM  
Blogger TomInta family said...

Den...pakabar? baru baca baca nih, baru tau kalo Rama sudah menyapihkan dirinya sendiri ;)
Gak papa Den take a bright side, gak perlu repot nyiapin strategi dan mental buat nyapihnya :-)
Insya Allah ASI yang 14 bulan itu akan jadi bekal yang bermanfaat buat Rama kelak. amiiinn
Iya emang ada yang ilang setelah gak nyusuin ya. aku jg kadang suka kangen sama nyusuin Irsyad. Gimana klu Rama dikasih adik aja Den,...ntar nyusuin lagi hehehehe

3:33 PM  
Blogger TomInta family said...

Waaah Den...maaapp kukiran komennya gak masuk krn salah code jadi aku nulis lagi.. maap klu kebanyakan komennya ya ;)

3:34 PM  

Post a Comment

<< Home