Friday, January 05, 2007

Resensi Resto : Desa Bumbu

Photobucket - Video and Image Hosting

Planning mau ke resto satu ini sejak sebelum Natal. Datangnya dari kakakku, tujuannya sih mau bawa orangtua ku ke suasana baru. Mereka kan relatif jarang sekali jalan-jalan jauh.
Akhirnya, kita susun acara dan berangkatlah ramai-ramai dengan innova hari Selasa, 27 Desember. Mumpung aku dan mas Benny masih cuti. Memang Kijang tiada duanya.. muat loh kita yang segede2 beruang itu di dalamnya. Hahahaha..

Desa Bumbu letaknya di Caringin, Sukabumi. Perjalanan dari Jakarta (Lebak Bulus) ke Desa Bumbu menghabiskan waktu hampir 3 jam. Sebenarnya siih, jaraknya tidak terlalu jauh.. ditambah tol Bogor yang sangat lancar, tapiii.. keluar Ciawi dan masuk ke Sukabumi.. ya ampuuuunnn maceeettnya. Untung saja kita bawa bekal makan siang untuk anak-anak karena tiba di Desa Bumbu, waktu menunjukkan angka 15.00.. ckckck.

Untungnya semua kelelahan dan kesebalan terobati begitu kita tiba di Desa Bumbu. Resort Resto ini luasnya 1 hektar.. tapi tidak semua lahannya dipenuhi oleh bangunan. Bangunan utama berada ditengah2 sawah yang dibuat sistem terrasering. Dan di beberapa titik dibangun saung. Pada bangunan utama, dibuat koridor yang dipinggir dindingnya ada kolam ikan berisi ikan emas aneka warna. Kita bisa memilih makan sambil lesehan atau menggunakan kursi, mau di bangunan utama atau di saung. Sayang sekali waktu kita tiba di Desa Bumbu, masih hujan dan jalan setapak menuju saung tergenang air padahal kita udah ngiler ingin leyeh2 di saung tersebut. Akhirnya pasrah saja dengan lesehan di bangunan utama. Semua bangunan menganut aliran minimalis dengan mengandalkan kayu dan warna coffee-brown nya serta pernak-pernik meja yang art-craft... top!!

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Nah sekarang kita bahas soal makanan. Berhubung lapar berat akhirnya lupa diri deh untuk memotret makanan yang terhidang.. maaf.. maaf. Secara umumnya, mereka mengandalkan menu Sunda. Ini list makanan yang kita pesan :
  • Ikan gurame goreng 2 ekor besar
  • Ikan gurame bakar 2 ekor besar
  • Ayam kampung goreng 1/2 ekor
  • Cah kangkung udang 2 porsi
  • Pepes jamur 2 porsi
  • Cumi goreng tepung 1 porsi
  • Nasi putih 1 bakul
  • Minuman standard :D
Dari cara penghidangannya sangat amat menggoda. Ikan gurame goreng disayat badannya sehingga hasilnya melengkung kering dan gurih sekali. Dihidangkan dalam tampah bambu bersama ikan gurame bakar dan lalap lengkap dengan sambal terasi atau kecap. Slluuurrp.
Menurut aku sih, ikan bakar dan gorengnya sama-sama enak.. gurih. Sangat amat disarankan untuk memesan 2 item tersebut :D. Kalau ayam gorengnya, ya so so deh. Sama enaknya dengan ayam goreng kampung Berkah yang ada di Melawai itu looh.

Lalu cah kangkung udangnya juga enak. Bumbunya tidak terlalu asin dan saus tiramnya tetap terasa. Kangkung dimasak tidak terlalu matang. Recommended juga. Sedangkan pepes jamur dan cumi goreng tepungnya, emm.. menurut aku sih biasa banged.

Mengenai pelayanan, sangat amat baik dan ramah. Toilet, koridor dan halaman bersih sekali. Kami bisa dikatakan cukup lama makan dan leyeh2 di sana, hampir sekitar 3,5 jam *capek bo'..* sampai akhirnya aku memutuskan memandikan Rama dan sepupu2nya..hihihi.

Soal harga, ehmm.. ini yang susah. Menurutku harganya lebih mahal dibandingkan kaki lima tapi lebih murah dipandang bahwa ini Resort Resto. Affordable lah. Karena selain rasa, pelayanan dan suasana juga menjadi nilai jual dari Resort Resto ini.

Apa dong nilai lebih dari Desa Bumbu? ... mungkin suasana dan nuansa yang berbeda dibandingkan restoran umum lainnya. Ada sawahnya, saung dan kolam ikan yang bisa buat anak2 very excited. Oh ya, di sini bisa untuk outbound looh.

Coba deh mampir ke sana kalau kebetulan ke Sukabumi.. tapi siap-siap menghadapi kemacetannya yaa...


Photobucket - Video and Image Hosting

Labels:


Photobucket - Video and Image Hosting

0 Comments:

Post a Comment

<< Home